Desember 10, 2007

Mengenal Bumi lebih jauh


Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya. Diperkirakan usianya mencapai 4,6 milyar tahun. Jarak antara Bumi dengan matahari adalah 149.6 juta kilometer atau 1 AU (ing: astronomical unit). Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari angin matahari, sinar ultraungu, dan radiasi dari luar angkasa. Lapisan udara ini menyelimuti bumi hingga ketinggian sekitar 700 kilometer. Lapisan udara ini dibagi menjadi Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, dan Eksosfer. Lapisan ozon, setinggi 50 kilometer, berada di lapisan stratosfer dan mesosfer dan melindungi bumi dari sinar ultraungu. Perbedaan suhu permukaan bumi adalah antara -70°C hingga 55°C bergantung pada iklim setempat. Sehari di dibagi menjadi 24 jam dan setahun di bumi sama dengan 365,2425 hari. Bumi mempunyai massa seberat 59.760 milyar ton, dengan luas permukaan 510 juta kilometer persegi. Berat jenis Bumi (sekitar 5.500 kilogram per meter kubik) digunakan sebagai unit perbandingan berat jenis planet yang lain, dengan berat jenis Bumi dipatok sebagai 1. Bumi mempunyai diameter sepanjang 12.756 kilometer. Gravitasi Bumi diukur sebagai 10 N kg-1 dijadikan unit ukuran gravitasi planet lain, dengan gravitasi Bumi dipatok sebagai 1. Bumi mempunyai 1 satelit alami yaitu Bulan. 70,8% permukaan bumi diliputi air. Udara Bumi terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen, dan 1% uap air, karbondioksida, dan gas lain. Bumi diperkirakan tersusun atas inti dalam bumi yang terdiri dari besi nikel beku setebal 1.370 kilometer dengan suhu 4.500°C, diselimuti pula oleh inti luar yang bersifat cair setebal 2.100 kilometer, lalu diselimuti pula oleh mantel silika setebal 2.800 kilometer membentuk 83% isi bumi, dan akhirnya sekali diselimuti oleh kerak bumi setebal kurang lebih 85 kilometer. Kerak bumi lebih tipis di dasar laut yaitu sekitar 5 kilometer. Kerak bumi terbagi kepada beberapa bagian dan bergerak melalui pergerakan tektonik lempeng (teori Continental Drift) yang menghasilkan gempa bumi. Titik tertinggi di permukaan bumi adalah gunung Everest setinggi 8.848 meter, dan titik terdalam adalah palung Mariana di samudra Pasifik dengan kedalaman 10.924 meter. Danau terdalam adalah Danau Titicaca, dan laut terbesar adalah Laut Kaspia.

15 comment:

Lina (kuasaimemorianda) mengatakan...

hi!
apk ada planet yg memiliki karekteristik spt bumi?
(tlg komentnya ke blog sy di
www.kuasaimemorianda.blogspot.com
thank's)

Novita mengatakan...

Apa sich hal yg plg unik yg ada di bumi mnrt u?

chimin mengatakan...

bisakah anda memberikan saya tentang dimana saya dapat mendapatkan website tentang astronomi????

Theo mengatakan...

For Novita comment:
yang paling unik yg ada di dlm bumi menurut saya adl semuanya(segala isinya). baik itu makhluk hidup(hewan,tumbuh2an, manusia),angin,awan,dll. keunikan tersebut memang sudah diciptakan oleh Tuhan untuk keselarasan hidup di dlmnya..he2,itu mnrut saya..

Theo mengatakan...

For chimin comment:
banyak skli web yg menyediakan topik ttg astronomi, tapi lbh mudahnya, di google banyak kok. masukkan saja keyword apa saja yang berhubungan dgn astronomi yg ingin Anda cari. tq

WT mengatakan...

menarik sekali, kira2 umur bumi berapa lama lagi ya?

Theo mengatakan...

For WT's comment:
wah..pertnyaan yg sgt rumit.saya tidak dpt menyimpulkan berapa lama lagi umur bumi. ga ada yg bisa memperkirakan umur bumi itu berapa lama lagi. walaupun manusia punah karena bencana yg sgt dahsyat menimpa bumi, bumi akan terus berputar. seperti kepunahan zaman dinosaurus jutaan tahun yang lalu karena tubrukan asteroid, bumi masih mempunyai daya tahan yg kuat. hanya Tuhan yg dapat menjwb rhasia besar ini.

benny mengatakan...

coba donk masukin ramalan cuacanya jg hehe..

RENDRA mengatakan...

cooooolllllll.....segera kunjungi blog g di puisinyacinta.blogspot.com...

RENDRA mengatakan...

cooooolllllll.....segera kunjungi blog g di puisinyacinta.blogspot.com...

My Private Pensive mengatakan...

bagus banget tuh theo blognya, he3 semakin gw mengerti mengenai my mom "The Earth" jd kita harus aware ma global warming neh

RIGHT-CHOICE mengatakan...

Luar Angkasa---- penuh rahasia (...^^...) tambah lagi blog nya. bikin penasaran aj

anton mengatakan...

kereeeeennnn..... segera kunjungi blog g di anton-motogp.blogspot.com

Telecommunication-World mengatakan...

keren ni buat nambah informasi tenteng tatsurya

Vini mengatakan...

tambahkan informasi lain tentang pluto dunx..trus l suka planet yang mana ne